Senin, 14 Agustus 2017

Menghadiri Google Gapura Digital

Bertempat di Eduplex Jalan Dago (seberang Kartikasari) akhir pekan kemarin, kami menghadiri acara pelatihan gratis yang di adakan Google. Acara ini terdiri dari 4 sesi, yaitu :

Sabtu, 12 Agustus 2017, 09.00-12.00 : Panduan Digital
Dibawakan oleh pak Egi Setiadi, seorang praktisi online marketing. Poinnya antara lain : 100 juta pengguna internet di Indonesia, 82% orang mencari informasi toko yang ada di sekitarnya, dan toko online 80% tumbuh lebih cepat daripada toko offline
Kemudian tips waktu yang tepat untuk upload produk di internet, antara lain pukul 5-8 pagi orang bangun tidur, cenderung buka apa saja, pukul 11-13 orang  cari makan siang, keyword gojek biasa banyak yang cari, pukul 15-17 orang siap pulang kerja, cari info diskon makan malam, pukul 23-02 adalah saat kuota internet murah, banyak pedagang besar cari barang untuk dijual kembali.

Sabtu, 12 Agustus 2017, 14.00-17.00: Google Untuk Bisnismu
Dibawakan oleh pak Kurniawan Purwanto, beliau insinyur elektro yang sehari-hari sebagai guru IT SMA Kartika. Mengenalkan beberapa produk Google untuk bisnis antara lain untuk : 1. terhubung dengan pelanggan menggunakan Google Bisnisku, AdWords Express, Google Mitra, 2. mempermudah operasional bisnis menggunakan G Suite, Youtube, Google Test My Site, 3.interaksi dengan pelanggan menggunakan Google Analytics, Insight Section of Google Bisnisku, Adwords Express, Google Trends, Google Alert, Customer Barometer, Google Search Console
Google Bisnisku ini bisa membantu mendapatkan pembeli yang ada di sekitar toko, syarat nya mempunyai email gmail, maka bisa langsung daftar Google Bisnisku, untuk menjalankannya menunggu verifikasi dari Google, bisa cepat, bisa juga lambat. kini verifikasi bisa dilakukan ke handphone.

Minggu, 13 Agustus 2017, 09.00-12.00 : Tips Website Efektif
Dibawakan oleh pak Ari Herianto, seorang brand consulting dan web developer. Untuk usaha yang berkembang, diperlukan adanya website, karena untuk meyakinkan pelanggan keberadaan website ada di posisi teratas, diatas Google My Business, ecommerce : Tokopedia, Blibli, Bukalapak, media sosial : Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan aplikasi chat : Line, WA, Kakaotalk, Telegram.
Dengan mempunyai website, pemilik toko bisa : melakukan penelitian minat pembeli, chatting dengan  para ahli, membaca ulasan pelanggan, menonton video, membeli barang, order track dll.
Cara kerja website sendiri antara lain sebagai rumah bisnis, tempat belajar, dan untuk menarik pelanggan potensial.
Website yang baik tidak hanya menjejali halamannya dengan iklan, tapi juga membuat cerdas pelanggan.

Minggu, 13 Agustus 2017, 14.00-17.00 : Dasar-dasar SEO & SEM
Dibawakan oleh pak Adetruna, seorang penyuluh IT dan juga praktisi online marketing. Isi materinya adalah pengenalan mesin pencari berikut cara kerja mesin pencari dan cara agar bisnis masuk ke mesin pencari. Kemudian dikenalkan dengan SEO (Search Engine Optimation) yang gratis yang menampilkan rangking organik dari sebuah website dalam mesin pencari. Dan juga SEM (Search Engine Marketing) berbayar yang bisa menampilkan website dalam halaman depan mesin pencari. Dalam SEM ini tidak selamanya yang bayar lebih mahal posisinya di atas, melainkan relevansi content/isi website juga berpengaruh dalam urutan posisi website.  

Mengenai tempatnya sendiri sangat representatif, mungkin tempat pelatihan paling gaul/happening di Bandung. Selain untuk acara pelatihan, sehari-hari tempat ini dipakai oleh mahasiswa atau wirausahawan yang memerlukan tempat santai untuk belajar/bekerja. Kalau perlu makan minum tinggal pesan, harga dan rasa makanannya lumayan pas, sesuai selera. Pesanan diatas 20 ribu free WIFI. Kapan-kapan lagi mau ke sini lagi.

Terimakasih Google yang telah mengadakan acara berkualitas dan gratis ini.
eduplex

Google product

snack and handout

drink

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Fit Selama Ramadan

Dikutip dari majalah toko Guardian, ada beberapa tips tetap fit saat bulan Ramadan dimana ada perubahan pola makan minum yang berdampak mual...