Jumat, 13 Januari 2017

Dikerjai Sopir Taksi Di Pool Caringin

Pengalaman kurang menyenangkan terjadi kemarin, saat naik taksi dari pool bus Primajasa Caringin. Taksi lokal tampaknya yang memonopoli pick up di tempat ini. Sebenarnya mau pesan Blue Bird saja, yang di aplikasinya memperkirakan ongkos sekitar 45-55 ribu dari situ ke Cihampelas (8,9 km). Tapi setelah mikir mudah dan pemberdayaan taksi lokal, oke deh naik taksi R yang pasang argometer juga.
Pertama ada perwakilan Primajasa yang beri kartu keluhan saran, no telpon mereka, dan sopir taksi yang kami naiki. Sebelum berangkat, sopir kelihatannya bayar ke petugas. Kesan pertama naik taksi ini adalah bau dan pengap, padahal jendela dibuka dan masih jam 5 subuh. Mungkin karena kursi dari bahan sintetis, yang terpapar matahari, plus supirnya lama tinggal di dalam taksi.
Nah, dikerjai ini dimulai ketika sopir tanya kemana tujuan. Kami percayakan saja ke sopir. Sampai akhirnya terasa janggal, kok ke timur terus, ternyata lewat BKR, Peta, baru ke Martadinata. Padahal seharusnya lewat Kopo yang jaraknya jauh lebih singkat. Dan pas lihat di google map ternyata memang diputar ke timur baru ke utara. Ongkos yang seharusnya 50 ribu, membengkak menjadi 100 ribu Rupiah. Niat memberdayakan taksi lokal, malah dibalas dengan kecurangan sopir taksi.
Tips buat pengguna taksi di Bandung :
1. Minta rute yang ditunjukkan google map, biasanya itu ada pilihan rute terpendek.
2. Atau jika tidak mau pakai taksi lokal, jalan keluar dari pool, pesan lewat aplikasi Blue Bird, Go Car, Grab atau Uber. Pernah dulu naik Grab saat masih promo, meski mobil kecil, tapi free alias tidak bayar. Kalau mau yang terbaik dan terstandar biasanya pilih Blue Bird.

2 komentar:

  1. Bner banget, baru aja aq alami. Niatnya dr pool Primajasa pulang k rmh naik taxi d dkt situ krn hujan deras dan lg sakit. Eh baru ngeh trnyt gk pake argo, pas sampe rmh d tagih 95ribu, itupun aq msh minta kembalian dg dongkol :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bertahun-tahun tidak ada perbaikan ya, modal monopoli doang. jadi ga worth it naik primajasa karena naik taksi untuk lanjutannya hampir sama dengan tarif bus primajasa dari bandara Soekarno Hatta. Kalau tinggal di daerah kota-dekat stasiun Bandung enakan naik kereta api, 40 ribu naik Damri ke Gambir,lanjut kereta ke Bandung ada yang 80 ribu. Sambung angkot/gojek

      Hapus

Peta Uji Coba One Way Bandung