Rabu, 01 April 2015

Paspor Baru Yang Keren

Hari ini Kami ambil paspor di kantor imigrasi di jalan Surapati (Suci) setelah 3 hari kerja dari saat pemotretan dan pengambilan data biometrik. Prosesnya cukup cepat dan mudah, tinggal ambil nomor antrian (antri dulu karena ada petugas yang mengecek slip yang kita bawa) lalu antri, kurang lebih sama pengambilan foto. Proses ini terbilang paling singkat karena meski ada 20 antrian lagi, namun kurang dari 1 jam sudah terlayani. Begitu panggilan, kami bergegas ke meja pengambilan. Karena Kami mau pakai paspor lama kami untuk mengambil visa lagi (untuk bukti pernah jalan2 ke tempat lain) maka kami bilang "boleh pak paspor lama kami minta?" bapaknya bilang"silakan isi formulir pengambilan paspor lama Dan tempel materai 6 ribu". Sesudah lengkap, paspor baru dan lama kami ambil.
Beberapa perbedaan paspor lama dengan paspor baru
1. Paspor baru tidak ada tanda tangan beserta nama pejabat kepala imigrasi setempat. Jadi kita gak tahu nama kepala imigrasi Bandung saat ini.
2. Isinya bergambar flora fauna serta budaya khas Indonesia, cukup unik dan menarik/keren, yang jelas beda dengan paspor lama yang menurut saya juga sudah bagus. Hal yang ikonik di Indonesia semua ditampilkan di sana.
3.Bagian alamat di belakang kosong, bisa diisi sendiri. Kalau yang lama sudah langsung tercetak alamat. Yang sama adalah tanda tangan pemegang paspor.
Alhamdulillah proses pembuatan dan paspor online selesai kurang dari 2 minggu. Tahapan yang kami jalani :
- Jumat, 20 Maret daftar online, cetak bukti daftar yang dikirim di email, lalu bayar di teller BNI, setelah bayar dan dapat bukti bayar, ada link konfirmasi dari imigrasi, dapat jadwal foto. Tiap orang bisa beda, benar2 kayak undian. Karena 3 hari sebelumnya saya daftar jadwal foto sebulan kemudian. Coba aja dan pantang menyerah lah.
- Kamis, 26 Maret ambil foto dan data biometrik
- Rabu, 1 April paspor sudah jadi, tinggal ambil
Pelayanan  bisa saya bilang sangat baik saat ini, tidak ada petugas yang sok sangar/galak seperti di imigrasi Banjarmasin 5 tahun lalu. Hanya tempat parkir mobil saja yang terbatas sehingga 2 kali kami datang, 2 kali pula kami parkir di pinggir jalan, padahal kami datang jam 7 pagi atau sejam sebelum buka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Berlari Marathon

Olahraga lari kini menjadi trend di tengah masyarakat Indonesia. Marathon, half marathon, 10 km, 5 km beberapa di antara nomor lari yang pop...