Kamis, 26 Maret 2015

Seminar Entreprenership KADIN Bandung

Bertempat di Graha KADIN Bandung jalan telaga bodas 21 diadakan seminar bertema entrepreneurship dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan pembicara ekonom Faisal Basri dan guru besar ekonomi Unpad.
Oleh Faisal Basri diterangkan bahwa ekonomi negara ASEAN sangat menarik bagi kawasan lain untuk bekerjasama seperti APEC, ASEM dll. Secara umum MEA berbeda dengan Euro, karena MEA tidak menyatukan mata uang, bank sentral,tidak menyediakan dana talangan, ideologi yang berbeda dan bertentangan. Namun MEA ini mengurangi batas2 antara negara ASEAN seperti dalam hal visa kunjungan wisata dll. Beda dengan Euro yang mayoritas produknya di jual antar negara Eropa, anggota MEA hanya 20 an persen jual beli antar sesamanya. Kebanyakan keluar dari kawasan ASEAN.
Tantangan besar Indonesia adalah mahalnya ongkos kirim logistik dalam negeri. Contoh jarak dari Jakarta ke Padang hampir sama dengan ke Singapura, namun biaya logistik 2x biaya Jakarta Singapura. Contoh riilnya jeruk medan harga di Jakarta lebih mahal daripada jeruk luar negeri karena diangkut lewat darat berhari2, macet di Bakauheni, resiko begal di jalan, sehingga sampai di Jakarta banyak yang rusak tinggal setengah yang layak jual. Ongkos per ton ke Sorong Papua Barat 2000 USD, rencana pemerintah akan membuat "pendulum nusantara" sehingga ongkos turun menjadi 354 USD per ton.
Selain itu pembenahan birokrasi mutlak dilakukan karena meski jumlah tenaga kerja melimpah, namun ongkos investasi mahal, mengingat birokrasi yang belum efektif infrastructure tidak memadai. Seringkali missmatch seperti kawasan industri jauh dari pelabuhan sehingga harus masuk kota, ujungnya kemacetan dan munculnya ongkos tambahan. Ini menjadikan Indonesia kalah menarik dari Vietnam.
Pemerintah sedang berusaha memperbaiki, namun tidak bisa cepat seperti yang digembar gemborkan dI media, sehingga memerlukan dukungan para pengusaha/entrepreneur untuk mewujudkannya.
Acara yang dimulai jam 1 siang ini selesai jam 3 siang,
Sebenarnya masih ada acara lanjutan hari Jumat, namun karena ada acara lain sehingga tidak bisa hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pepes Ikan Mas Recipes

One of most favourite dish in West Java Indonesia is Pepes Ikan Mas (Carp Stew). This is recipes : Ingredients 1 kg/2 lbs carp fish ...